5 Modal Utama Dalam Memulai Bisnis Selain Uang

Modal utama dalam memulai bisnis online

Banyak yang beranggapan dalam memulai bisnis harus mempunyai modal uang yang banyak. Tapi menurut saya bukan hanya uang yang jadi penentu seseorang bisa sukses dalam memulai bisnisnya.

Banyak orang yang mempunyai uang yang banyak, tapi nggak tahu harus memulai bisnis apa? Nggak tahu modal uang tersebut mau dijadikan untuk modal apa? Apa yang harus mereka lakukan dengan uang tersebut? Produk apa yang ingin dijual?

Banyak orang yang nggak bisa menjawab pertanyaan tersebut dan nggak tahu harus melakukan apa dengan modal uang nya tersebut.

Modal untuk memulai bisnis bisa saja hal yang tidak terlihat, yang bahkan merupakan modal yang paling utama yang wajib Anda punyai. Berikkut beberapa modal utama yang harus Anda miliki selain uang.

 

1. Tujuan

Anda harus punya tujuan yang pasti dalam memulai bisnis. Jika Anda tidak mempunyai tujuan jelas, Anda tidak akan tahu harus melakukan apa?, harus mulai darimana?.

Banyak orang yang sekarang sukses bahkan memulai bisnis dari minus uang dan banyak hutang, tapi mereka mempunyai tujuan yang jelas dalam memulai bisnisnya.

Mulailah bisnis dari apa yang bisa Anda mulai, nggak perlu banyak alasan hanya karena modal uang yang kurang. Saat Anda mempunyai keinginan yang kuat, maka disitu akan terbuka jalannya satu persatu.

 

2. Mimpi besar

Banyak orang besar dan sukses menemukan jalan suksesnya karena memiliki mimpi yan besar daripada alasan keadaan mereka saat ini. Saat mereka gaptek, mereka akan belajar menjadi hitech, saat mereka tidak memiliki modal uang yang cukup, mereka belajar membuat ide bisnis dan menawarkan kepada investor. Ketika mereka menemukan kendala lain, mereka akan memikirkan solusi dan menyelesaikan semua problemnya karena mereka mempunyai mimpi besar yang harus mereka wujudkan. Tanpa banyak alasan.

Mimpi besar akan terwujud dengan action yang besar juga, bukan dengan banyak alasan.

 

Baca Juga : 7 Tips Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

3. Keyakinan

Walaupun keadaan Anda saat ini kekurangan modal uang, jangan sampai Anda jadi tidak percaya diri untuk bertumbuh semakin besar dan sukses. Karena ketidakpercayaan diri tersebutlah yang membuat Anda menjadi banyak sekali alasan. Sedangkan orang yang memiliki keyakinan yang tinggi akan melihat masalah sebagai tantangan dan peluang untuk bertumbuh semakin besar tanpa harus mengeluh.

Belajar, yakin dan terus action. Itulah mental orang yang memiliki keinginan untuk terus sukses terhadap dirinya.

 

4. Kreatif

Anda harus mempunyai banyak cara untuk menyelesaikan masalah dan menutupi kekurangan dalam modal bisnis Anda. Pebisnis Rico Huang sering menyebut kreatif sebagai “kere aktif”, walaupun kere (miskin), kita harus bisa kreatif agar bisa terus menghasilkan income yang lebih besar.

Hal tersebut tidak ada salahnya. Setiap orang yang ingin mendapatkan sesuatu sedangkan dia tidak mempunyai cukup modal uang, maka mereka harus memikirkan cara yang kreatif untuk bisa mendapatkan hal tersebut. Dengan cara yang baik tentunya.

Tanpa modal uang tapi Anda bisa dapat untung. Di era online sekarang Anda bisa menerapkan sistem tersebut dalam model bisnis Dropship ataupun Reseller.

 

5. Kejujuran dan Kredibilitas

Inilah salah satu karakter yang harus Anda miliki dalam memulai bisnis dan menjalin hubungan baik dengan customer dan rekan bisnis sehingga Anda bisa mendapatkan dan menjaga kepercayaan customer dan rekan bisnis Anda dan menhasilkan keuntungan jangka panjang.

Walaupun Anda tidak memiliki modal uang. Tapi Anda memiliki karakter yang jujur dan bertanggung  jawab. Maka kredibilitas Anda di mata teman-teman, relasi dan customer Anda akan tinggi, hal itu akan membuat Anda menjadi lebih mudah dipercaya.

Jika mereka percaya akan kinerja Anda, modal uang pun akan sangat mudah didapat. Karena “kepercayaan” itu sangat mahal harganya. Jangan pernah menggadaikan hal tersebut hanya karena uang.

 

Itulah 5 modal utama yang harus Anda miliki dalam memulai bisnis, selain modal uang. Dengan adanya modal karakter tersebut, Anda akan mudah menjalankan bisnis walaupun kekurangan modal uang.

Semoga bermanfaat. Jangan sungkan untuk Share ya. ^_^

Post a Comment

0 Comments