Terlalu Nyaman Bisa Berbahaya Untuk Hidupmu, Inilah 5 Alasannya

Terlalu nyaman bisa membunuhmu

Nyaman, perlu? Butuh? Jawabannya Iya.

Setiap orang butuh rasa dan kondisi nyaman. Anda mungkin termasuk salah sesorang dari sekian banyak orang yang berpegang teguh pada rasa nyaman ketika hendak melakukan sesuatu.

Apalagi masalah hubungan, tidak terlepas dari rasa nyaman ketika menjalinnya dengan seseorang. Dan juga kehidupan dan seisinya pun pasti mengandalkan rasa nyaman ketika akan memulainya.

Namun, sampai batas mana kita boleh memberi ruang sebesar-besarnya untuk sebuah rasa nyaman? Apakah nyaman satu-satunya patokan hidup yang bahagia dan sukses?. Ternyata bukan juga.

Dalam beberapa kondisi, kenyamanan justru melekat pada kemalasan dan rasa takut dalam mengambil resiko untuk melangkah kearah yang lebih baik.

5 alasan berikut ini pantas Anda pertimbangkan untuk tidak terlalu larut dalam kenyamanan.

1. Terlalu nyaman bisa membuat Anda susah untuk berkembang

Rasa nyaman memang sesuatu yang bagus ketika Anda ingin lebih tenang dalam memotivasi diri supaya Anda bisa jauh lebih baik. Namun, nyaman yang berlebihan bisa membuat Anda jadi tidak berkembang, Anda akan bisa merasa tidak perlu melakukan hal lain, karena sesuatu tersebut sudah cukup untuk mengisi keseharianmu.

Seperti halnya pada pekerjaan, ketika Anda sudah terlalu nyaman dengan suatu posisi atau jabatan, Anda akan takut untuk pindah ke jabatan lain ataupun naik jabatan atau bahkan takut kehilangan jabatan tersebut. Hal itu akan membuat Anda jadi sulit untuk berkembang.
Jadi sebaiknya usahakan diri Anda untuk nyaman secukupnya agar Anda selalu bisa berkembang menjadi lebih baik dari hari ke hari.


2. Nyaman yang berlebihan akan membuat Anda menjadi orang yang cepat merasakan kepuasan

Ketika Anda sudah terbiasa dengan rasa yang terlalu nyaman, maka lambat laun Anda akan menjadi orang yang cepat puas. Hal ini bisa berdampak kurang baik pada hubungan Anda dengan rekan kerja maupun team Anda.

Anda mungkin akan merasa cukup dengan apa yang Anda kerjakan, sedangkan yang Anda kerjakan tersebut tidak mencapai ekspektasi team ataupun atasan Anda. Sehingga akan berdampak buruk bagi pekerjaan Anda.

Ataupun ketika Anda sudah merasa cukup dengan omset yang Anda dapatkan sekarang, sehingga Anda tidak lagi mau untuk melakukan lebih, seperti menaikkan kembali target omset dan mencapainya.


3. Rasa yang telalu nyaman bisa membuat hidup Anda begitu-gitu aja


Mungkin Anda tidak menyadari kalau ternyata sebuah kenyamanan yang berlebihan secara tidak langsung akan membuat Anda diam di satu tempat/kondisi. Anda mungkin akan mudah bersyukur. Namun karena hal tersebut, Anda bisa enggan untuk melakukan hal yang lain, apalagi untuk mencoba sesuatu yang baru, yang kemungkinan ada resikonya.

Mungkin sikap tersebut terlihat bagus untuk Anda terapkan dalam pekerjaan, namun nyatanya justru akan membuatmu menjadi orang yang termakan rutinitas.

Selain itu, keenggananmu mencari sesuatu yang baru di tempat lain bisa saja menutup kemungkinan Anda pada rutinitas atau pekerjaan baru yang bisa saja lebih baik dari yang sekarang.


4. Anda akan susah melihat sesuatu dengan lebih baik di luar kenyamanan Anda

Ketika Anda berada di satu kondisi nyaman tertentu secara berlebihan, Anda pasti akan menganggap kondisi tersebut adalah yang terbaik. Sehingga kemungkinan pikiran tersebut akan membawa Anda kepada penilaian bahwa tidak ada lagi yang lebih baik daripada yang sedang Anda jalani.

Jika sudah seperti itu, apa Anda akan masih bisa menilai sesuatu yang lain dengan lebih bijaksana?


5. Ketika Anda kehilangan sesuatu yang Anda rasa terlalu nyaman, akan membuat Anda merasakan sakit yang terlalu dan akan susah bangkit dari rasa sakit itu

Berbicara tentang kehilangan, nggak akan ada orang yang mau merasakannya, terlebih lagi kehilang sesuatu yang sudah menjadi suatu kenyamanan.

Anda mungkin berpikir jika kehilangan sesuatu yang biasa saja sudah membuat Anda sedih. Apalagi kehilangan sesuatu yang Anda benar-benar nyaman dengannya. Rasa sakitnya pasti akan berkali-kali lipat daripada hanya kehilangan hal yang bisa atau sekedar nyaman.

Itulah kenapa sebaiknya jangan sampai kamu merasakan sesuatu dengan terlalu nyaman. Agar ketika Anda harus kehilangannya, Anda tidak akan merasakan sakit yang terlalu dan Anda bisa langsung cepat bangkit dari rasa sakit itu.

Ini  bisa berlaku untuk segala hal, baik itu pekerjaan, karir, lingkungan maupun sebuah hubungan.


Itulah 5 alasan kenapa Anda tidak boleh terlalu nyaman dengan sesuatu, nyamanlah secukupnya. Apalagi rasa nyaman akan hal-hal yang menghambat Anda untuk lebih berkembang dan lebih maju.

Silahkan share jika Anda merasa Artikel ini bermanfaat ^_^

Post a Comment

0 Comments